Beranda | Artikel
Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah - Bagian ke-2 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)
Sabtu, 19 April 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Muhammad Nuzul Zikry

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

NB: Mohon maaf, sesi tanya-jawab tidak terekam.

[sc:status-adab-dan-akhlak-seorang-muslim-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim

Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2)

Di antara akhlak yang mulia yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dan ditekankan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam adalah menjaga lisan kita, sehingga kita tidak mengoyak kehormatan seorang Muslim, dan membela kehormatan seorang Muslim ketika kita melihat ia sedang di-ghibah-i, digunjing, atau dibicarakan oleh orang.

Nabi kita shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad:

من ذب عن لحم أخيه بالمغيبة كان حقا على الله أن يعتقه من النار

“Barangsiapa yang membela kehormatan saudara ketika dia dibicarakan orang (dijelek-jelekkan ketika dia tidak ada), maka Allah akan bebaskan dia dari siksa api neraka.”

Oleh karena itu, bahaya laten dalam di dunia akhlak, pada saat kita bersosialisasi / berinteraksi dengan masyarakat adalah ghibah. Ghibah adalah membicarakan keburukan saudara kita ketika dia tidak ada.

Mari kita simak dan download pengajian Islam oleh Ustadz Muhamamd Nuzul Dzikry, Lc. dalam seri Adab dan Akhlak Seorang Muslim ini, dan mari kita resapi sekaligus amalkan kandungannya.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama Adab dan Akhlak Seorang Muslim: Menjaga Kehormatan Orang Lain dengan Menjauhi Dosa Ghibah (Bagian ke-2)

Mari kita share rekaman pengajian Islam ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi amal baik di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/5867-menjaga-kehormatan-orang-lain-dengan-menjauhi-dosa-ghibah-bagian-ke-2-ustadz-muhammad-nuzul-dzikry-lc/